Select Page

Bicara segmen ladder frame SUV, tidak akan pernah lepas dari Mitsubishi Pajero Sport. SUV ini memiliki banyak penggemar yang menjadikannya mobil impian terutama untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Ini juga yang membuat Pajero Sport berkontribusi pada capaian penjualan Mitsubishi dengan total penjualan 17.137 unit tahun lalu. Sekaligus mencatatkan pangsa pasar lebih dari 40 persen.

Beberapa keunggulan yang dirasakan konsumen antara lain mesin diesel 2.5L common rail turbo 4D56 yang dikenal tangguh. Mesin ini disematkan di varian GLX 4×4 dan Exceed 4×2 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 PS di 4.000 rpm dan torsi 324 Nm. Mesin lain yang populer adalah 4N15 2.4L VGT-intercooler. Terpasang di varian Dakar dan Dakar Ultimate dan dikenal dengan tenaganya yang mencapai 181 PS dan torsi 426 Nm.

Berdasarkan database Oto.com, harga bekasnya bervariasi. Unit berusia lima tahun mulai keluaran 2018 juga beragam. Sebut saja Pajero Sport Dakar 2018 ditawarkan dengan banderol Rp420 jutaan. Rata-rata memiliki catatan odometer di angka 50 ribu sampai 70 ribu kilometer dengan transmisi AT. Sementara pembuatan 2019, tawaran harganya meningkat di kisaran Rp450 juta sampai Rp460 jutaan. Rata-rata model yang ditawarkan memiliki catatan odometer serupa.

Calon konsumen yang ingin tahun lebih muda harus merogoh kocek lebih dalam. Pajero Sport 2020, kondisi bekasnya ditawarkan mulai Rp500 jutaan, baik transmisi manual maupun otomatis. Tahun produksi lebih baru, 2021 dan 2022, harus menyiapkan dana mulai dari Rp550 juta sampai Rp600 jutaan. Beberapa unit bekas yang ditawarkan masih memiliki catatan odometer rendah sekitar 10 ribu sampai 20 ribu kilometer dengan transmisi manual dan otomatis.

Jika beralih sesuai pencarian dana yang tersedia. Calon konsumen juga bisa mendapatkan Pajero Sport bekas dengan modal Rp250 juta sampai Rp300 juta. Unit yang tersedia produksi 2010 sampai 2015, untuk varian Dakar hingga Exceed.

Pihak MMKSI juga meyakinkan para calon konsumen juga pemilik Pajero Sport tidak perlu khawatir dengan purnajual. Mitsubishi memiliki lebih dari 300 jaringan diler dan bengkel resmi di seluruh Indonesia.

“Segala layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Mitsubishi Motors kepada konsumen di Indonesia dilengkapi dengan jaringan diler resmi dan fasilitas perbaikan kendaraan yang tersebar di semua wilayah Indonesia. Ini untuk memastikan kualitas produk serta nilai jual kembali kendaraan Mitsubishi tetap tinggi sehingga menjadi nilai investasi yang baik untuk konsumen,” ucap Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI dalam keterangannya.

Ragam Fitur Pajero Sport Terbaru
Pembaruan tahun lalu, Pajero Sport mendapatkan beberapa fitur lagi. Untuk Dakar Ultimate penggerak 4×2 dan 4×4 dilengkapi fitur power back door plus kick sensor. Ini memudahkan pengguna Pajero Sport untuk memasukkan barang bawaan di bagasi.

Selain itu ada juga fitur Mitsubishi Remote Control yang ada di varian Ultimate. Bisa terhubung dengan telepon genggam dan berfungsi memudahkan pengoperasian beberapa fitur kendaraan seperti power tailgate, mencari posisi parkir serta mendapatkan informasi seputar status kendaraan.

Dari sisi keselamatan, dilengkapi ABS, EBD, dan immobilizer juga airbag yang terdiri dari tujuh buah dan dua buah untuk varian tertentu. Tambahan fitur lainnya seperti brake assist, active stability and traction control, hill start assist, trailer stability assist, dan ultrasonic misacceleration mitigation system. Fitur ADAS juga tersedia. Contohnya adaptive cruise control, blind spot warning, lane change assist, dan rear cross traffic alert untuk kenyamanan berkendara.

Mitsubishi Motors juga sudah menghitungkan biaya kepemilikan SUV ini dalam kurun waktu lima tahun atau hingga 100.000 kilometer. Pemilik hanya perlu menyiapkan dana total Rp16,5 jutaan. Ini berkat kehadiran Smart Package yang membantu pemilik menikmati gratis jasa dan suku cadang pada kilometer tertentu sesuai dengan buku petunjuk servis berkala. (STA/ODI)